Langsung ke konten utama

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 34

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Halo teman-teman gimana kabarya? semoga sehat selalu ya.. . Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang relasi 2 tabel. Jadi kita akan memisahkan kolom kelas dan membuatnya menjadi tabel yang bersifat dinamis. Kalau sebelumnya kita hanya memberinya value di inputan, namun sekarang berbeda karena akan mengambil data dari database. Ok langsung saja ke step by stepnya..

Relasi 2 tabel

1.Buat tabel kelas
Coba teman-teman buat tabel kelas di database yang sebelumnya dengan struktur seperti berikut:

Tabel diatas nanti akan kita masukkan data-data kelas, dan nama jurusan.

2.Truncate tabel siswa
Di tabel siswa yang telah kita buat coba teman-teman hapus semua datanya dengan cara di truncate bukan di drop. Untuk lebih lengkap coba teman-teman tekan tabel siswa lalu di navbar ada sebuah opsi 'operation' dan coba tekan maka jika di scroll ke bawah akan ada opsi seperti ini:
Nah dibawah ada pilihan empty the table (TRUNCATE). Nanti semua data di tabel di siswa akan terhapus. Penghapusan data ini untuk mencegah error yang akan terjadi saat merelasikan.

3.Alter tabel siswa
Sebelum mengalter kita harus membuat kolom id_kelas di tabel siswa dengan tipe data yang sama seperti tabel t_kelas. Ini dilakukan agar kita bisa merelasikan kedua tabel tersebut. Untuk struktur seperti berikut:
Contoh diatas sudah dialter jadi hiraukan saja yang penting strukturnya sama. Nah sekarang baru di alter dengan query seperti ini:
ALTER TABLE siswa ADD FOREIGN KEY id_kelas REFERENCES t_kelas(id_kelas);
Maka jika di eksekusi akan memunculkan foreign key. Jika di phpmyadmin akan seperti gambar diatas, foreign key tersebut memiliki kunci berwarna silver.

4.Inner join tabel siswa dan kelas
Buka file index.php dan ubah variabel sql yang asalnya seperti ini:


menjadi seperti ini:
Query diatas kita menggabungkan dua tabel untuk dipilih.

5.Ubah sedikit v_index.php
Karena kita mengubah kolom kelas menjadi id_kelas maka kita akan memanggil kelas tersebut menggunakan id_kelas tersebut. Id kelas tersebut dipanggil dan kemudian pasti ada valuenya kan seperti 1 atau 2. Value tersebut memiliki nama kelasnya masing-masig. Misal id 1 nama kelasnya IPA  dan id 2 nama kelasnya IPS nah kurang lebih seperti itu. Copykan code berikut:

Simpan code diatas untuk mengganikan siswa['kelas];

6.Tambah.php
Kita tambahkan code  sebelum views/v_tambah.php dengan code berikut:

Query diatas untuk mengambil seluruh data pada tabel kelas.

7.views/v_tambah.php
Karena kita telah membuat tabel kelas agar dinamis. Maka inputan kelas secara statis dihapus saja dan gantikan codenya menjadi seperti ini:
Jadi kelas akan muncul dengan data yang berasal dari tabel kelas. Simpan code diatas menggantikan inputan yang dulu.

8.Tambah.php
Karena kita sudah mengganti namenya menjadi id_kelas maka di tambah.php juga ganti POST nya menjadi id_kelas. kalau tidak maka akan terjadi error. Ganti jadi seperti ini:
 Setelah diganti, karena struktur tabelnya sedikit berubah maka querynya di INSERT INTO kolomnya ganti menjadi id_kelas seperti ini:


9.Edit.php
Sama dengan tambah.php kita ubah juga querynya seperti ini:

Juga POST nya menjadi id_kelas

nah sekarang kita coba run code yang telah kita buat.



Disini saya sudah memasukkan kelas XI-RPL 1 dan XI-RPL 2, mungkin teman-teman masih kosong. Coba isikan di tabel kelas dengan data-data kelas.
Simpan dan....

Boom.. Relasi 2 tabel berhasil.

Mungkin sekian saja pada sesi kali ini. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Kita akan melanjutkan materi tentang web dinamis. Apa saja yang akan kita pelajari? Pengenalan PHP Aturan umum PHP Scripting Variable Tipe Data Komentar Operator Membuat Aplikasi Sederhana Variable Scope (Lingkup Variabel) Pengelompokkan Tipe Data Boolean String Studi Kasus Hal yang harus dipersiapkan: XAMPP yang sudah diinstal kita akan menggunakan web server apache yang telah di bundle dalam aplikasi XAMPP ini Notepad++, Vs Code, Sublime atau apapun text editor favorit kalian. Pengenalan PHP PHP   adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Awalya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertamkali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung himepage nya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net PHP adalah salah satu bahasa server-side yang pali

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 27

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Halo teman-teman gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya... . Pada sesi kali ini kita akan memasuki materi database . Kita akan menggunakan Mysql sebagai DBMS (Database Management System) yang singkatnya merupakan software yang digunakan untuk membuat basis data. Kenapa kita menggunakan Mysql ? padalah masih banyak DBMS yang lain?. Alasannya yaitu karena Mysql ini Open Source~~. Materi kali ini kita akan mencoba membuat database dan hal pertama yang harus dilakukan karena kita menggunakan Mysql adalah menginstall XAMPP, karena kita sudah menginstallnya dan bagi yang belum menginstallnya silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah terinstall kalian nyalakan XAMPP seperti berikut: Nyalakan Mysql dan Apache. Maka jika sudah maka teman-teman ketik di URL Web Browser masing-masing seperti ini : localhost/phpmyadmin . Maka akan tampil halaman seperti berikut: phpmyadmin. Phpmyadmin  merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan bahas

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Pada pertemuan kali ini kita akan masuk ke materi Javscript. Javasrcipt ini digunakan untuk pengeksekusian perintah di sisi user / client-side . Seperti memunculkan alert, membuat kalkulator dengan javascript. Sejarah Javasrcipt Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich bekerja di Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, penembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan tiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (Pengembang bahasa pemrograman "Java") pada masa itu, maka Netscape memberikan nama "Javascript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1955. versi terakhir dari bahasa ini adalah vesi