Langsung ke konten utama

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 36

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Halo teman-teman gimana kabarya? semoga sehat selalu ya.. . Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang OOP (Object Oriented Programming) pada php. OOP merupakan konsep/metode programming berorientasi pada objek. Jadi didalam OOP semua digambarkan sebagai objek yang di representasikan. Terdiri dari 3 struktur diantaranya : Class, property, dan method/function. Ok kita langsung saja ke materinya.

Coba teman-teman buat sebuah file bernama dan berekstensi seperti ini : HewanPeliharaan.php nah disini kita akan membuat struktur class yang dimana hewan ini memiliki 3 property diantaranya nama, jenis, dan makanan. Untuk lebih jelasnya seperti ini:

Tag phpnya tidak perlu ditutup karena ini merupakan class dan kita tidak akan menambahkan code seperti html/js disini. __construct merupakan function yang ada di php, construct ini merupakan bagian code yang akan pertama diinstansiasi.
Sekarang kita buat file index.php untuk menjadi class main nya. Setelah di buat kita akan menginstansiasi class tadi di file index.php ini. Untuk lebih jelasnya seperti ini:
Tambahkan code ini di index.php

Diatas merupakan sebuah proses instansiasi class yang menjadi sebuah objek. Di paramaternya kita kirimkan data berupa nama hewan peliharaannya, jenisnya, dan makanannya. Data tersebut ditangkap oleh construct dan disimpan. Jika kita coba untuk menampilkannya dengan 'echo' setelah instansiasi seperti ini:

Maka akan tampil seperti ini:


Setelah tampil seperti ini kita akan mencoba hal lain. Kita akan menambahkan pewarisan/inheritance dan menambahkan beberapa method. Coba buat file bernama KelompokMakan.php disini kita akan memanfaatkan jenis makanan si hewan yang diinstansiasi. Jika rumput maka ia karnivora dan jika rumput dia herbivora. Jika sudah dibuat maka tambahkan code berikut:

Di class ini kita akan memanfaatkan variable makanan tadi. Sebenarnya jika code diatas dijalankan akan ada sebuah error, karena variable makanan tidak ada. Disini kita akan mengatasinya dengan memanfaatkan pewarisan. Codenya:

Kita inheritkan maka code diatas dapat dijalankan dengan normal. Di file KelompokMakanan ini terdapat sebuah method jenis untuk menentukan jenis makanannya. Kita gunakan switch agar lebih mudah digunakan. Jika makanan capcay return Omnivora, Jika makanan daging return Karnivora, dan jika Rumput return Herbivora. Di code sebelumnya kita sudah memaasukan jenis makanannya sekarang tinggal kita panggil saja seperti ini(Simpan di index.php):
Jika code dijalankan maka akan tampil seperti ini:

Maka jenis makanannya akan muncul. Selanjutnya kita akan menambahkan method bersuara. Nah di method ini nantinya akan memunculkan suara-suara binatang berdasarkan jenis binatangnya. Misalkan, kucing bersuara meongg dan kambing bersuara mbeee. Coba buka file HewanPeliharaan.php dan tambahkan method ini:

Jika kita jalankan dengan code berikut:

Maka akan tampil suara kucing tersebut:


Selanjutnya yang terakhir kita akan membuat class manusia dan ada method dimana ia akan menghitung umur kita. Coba teman-teman buat file Manusia.php dan codenya seperti ini:

diatas ada function usia dan didalamnya terdapat function yang disediakan php yaitu tanggal. Kita mengambil tanggal_lahir yang akan kita tambahkan nanti di index.php kemudian buat variabel tahun lahir dan ambil tahunnya lalu kurangi dengan tahun sekarang maka akan muncul usia.
Kita coba buka index.php dan tambahkan code berikut:
Kita instansiasi terlebih dahulu lalu set nama, jenis kelamin, tanggal/tahun lahir dan makanannya lalu munculkan method-methodnya dengan echo maka akan tampil seperti ini:


Kesimpulan: OOP berbeda dengan pemrograman tersetruktur. Di OOP jika kita ingin membuat/menambahkan fitur tertentu akan mudah tanpa menggangu code yang lain. Konsep ini disarankan untuk pekerjaan yang dibuat secara ber-tim/berkelompok dengan skala yang besar.

Mungkin sekian saja pada pertemuan kali ini: Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Kita akan melanjutkan materi tentang web dinamis. Apa saja yang akan kita pelajari? Pengenalan PHP Aturan umum PHP Scripting Variable Tipe Data Komentar Operator Membuat Aplikasi Sederhana Variable Scope (Lingkup Variabel) Pengelompokkan Tipe Data Boolean String Studi Kasus Hal yang harus dipersiapkan: XAMPP yang sudah diinstal kita akan menggunakan web server apache yang telah di bundle dalam aplikasi XAMPP ini Notepad++, Vs Code, Sublime atau apapun text editor favorit kalian. Pengenalan PHP PHP   adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Awalya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertamkali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung himepage nya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net PHP adalah salah satu bahasa server-side yang pali

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 27

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Halo teman-teman gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya... . Pada sesi kali ini kita akan memasuki materi database . Kita akan menggunakan Mysql sebagai DBMS (Database Management System) yang singkatnya merupakan software yang digunakan untuk membuat basis data. Kenapa kita menggunakan Mysql ? padalah masih banyak DBMS yang lain?. Alasannya yaitu karena Mysql ini Open Source~~. Materi kali ini kita akan mencoba membuat database dan hal pertama yang harus dilakukan karena kita menggunakan Mysql adalah menginstall XAMPP, karena kita sudah menginstallnya dan bagi yang belum menginstallnya silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah terinstall kalian nyalakan XAMPP seperti berikut: Nyalakan Mysql dan Apache. Maka jika sudah maka teman-teman ketik di URL Web Browser masing-masing seperti ini : localhost/phpmyadmin . Maka akan tampil halaman seperti berikut: phpmyadmin. Phpmyadmin  merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan bahas

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Pada pertemuan kali ini kita akan masuk ke materi Javscript. Javasrcipt ini digunakan untuk pengeksekusian perintah di sisi user / client-side . Seperti memunculkan alert, membuat kalkulator dengan javascript. Sejarah Javasrcipt Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich bekerja di Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, penembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan tiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (Pengembang bahasa pemrograman "Java") pada masa itu, maka Netscape memberikan nama "Javascript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1955. versi terakhir dari bahasa ini adalah vesi