Langsung ke konten utama

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 23

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Kembali lagi dengan saya, Haikal Putra Gustiansyah. Pada sesi kali ini kita akan membahas loop di php.

 Mungkin di semua bahasa pemrograman struktur loop ini sama ada : for, while, do-while. Bentuk umum loop for di php:

Bentuk umum loop while di php:


Ya... karena teman-teman sudah mengenal dengan loop ini kita langsung saja ke study kasus dan jika teman-teman belum mengetahui apa itu looping? Klik link berikut. Langsung saja ini dia:

Study kasus 1 : For
Kita akan membuat form untuk input data berapa siswa yang akan di inputkan. Jika telah di input kan maka akan tampil tabel sebanyak data yang diinputkan di form sebelumnya. Tampilanya seperti berikut:
Codenya:

Kita gunakan heredoc string agar lebih mudah memasukkan tag-tag html nya. Menggunakan super global variable php yaitu POST dan memasukkannya kedalam variable 'jumlah' dan loop pun terjadi maka akan tampil seperti hasil diatas, akan mucul tabel-tabel inputan siswa...

Study Kasus 2 : For2
Sama seperti diatas kita akan memasukkan nilai berapa siswa yang akan di input di form. Namun sedikit berbeda kita akan menggunakan radio button untuk memilih jurusan. Tampilan seperti berikut:
Codenya:

Jalankan dan maka akan tampil hasil seperti diatas. Kita gunakan super global variable untuk menerima inputan data dari form. Actionya kosongkan agar dieksekusi di halaman web tersebut dan loop dimulai ketika kita memasukkan data berupa angka di form 'Masukan Jumlah Data'.

Study Kasus 3 : While
Nah sekarang seru masalahnya gini user menginput kan nama dan di dalam namanya tersebut akan di cek apakah ada huruf vokal dan jika ada maka akan tampil hasil berupa angka yang menghitung berapa vokal 'a,i,u,e,o' yang ada didalam nama terebut. Gini tampilanya:
Ini Codenya:


Gunakan strlen() function milik php yang digunakan untuk menghitung panjang string. Jika di js kita menggunakan .length di php kita gunakan strlen() hehe... :).


Sekian saja pada pertemuan kali ini dan sampai jumpa di pertemuan berikutnya. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Kita akan melanjutkan materi tentang web dinamis. Apa saja yang akan kita pelajari? Pengenalan PHP Aturan umum PHP Scripting Variable Tipe Data Komentar Operator Membuat Aplikasi Sederhana Variable Scope (Lingkup Variabel) Pengelompokkan Tipe Data Boolean String Studi Kasus Hal yang harus dipersiapkan: XAMPP yang sudah diinstal kita akan menggunakan web server apache yang telah di bundle dalam aplikasi XAMPP ini Notepad++, Vs Code, Sublime atau apapun text editor favorit kalian. Pengenalan PHP PHP   adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Awalya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertamkali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung himepage nya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net PHP adalah salah satu bahasa server-side yang pali

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 27

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Halo teman-teman gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya... . Pada sesi kali ini kita akan memasuki materi database . Kita akan menggunakan Mysql sebagai DBMS (Database Management System) yang singkatnya merupakan software yang digunakan untuk membuat basis data. Kenapa kita menggunakan Mysql ? padalah masih banyak DBMS yang lain?. Alasannya yaitu karena Mysql ini Open Source~~. Materi kali ini kita akan mencoba membuat database dan hal pertama yang harus dilakukan karena kita menggunakan Mysql adalah menginstall XAMPP, karena kita sudah menginstallnya dan bagi yang belum menginstallnya silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah terinstall kalian nyalakan XAMPP seperti berikut: Nyalakan Mysql dan Apache. Maka jika sudah maka teman-teman ketik di URL Web Browser masing-masing seperti ini : localhost/phpmyadmin . Maka akan tampil halaman seperti berikut: phpmyadmin. Phpmyadmin  merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan bahas

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Pada pertemuan kali ini kita akan masuk ke materi Javscript. Javasrcipt ini digunakan untuk pengeksekusian perintah di sisi user / client-side . Seperti memunculkan alert, membuat kalkulator dengan javascript. Sejarah Javasrcipt Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich bekerja di Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, penembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan tiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (Pengembang bahasa pemrograman "Java") pada masa itu, maka Netscape memberikan nama "Javascript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1955. versi terakhir dari bahasa ini adalah vesi