Langsung ke konten utama

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 15

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Pada sesi kali ini kita akan membahas tentang perulangan dan function pada Javascript. Perulangan merupakan struktur yang memungkinkan untuk menjalankan kode program yang sama beberapa kali dengan suatu kondisi tertentu. Perulangan dalam javascript memiliki tiga bentuk, yaitu diantaranya :

  • for
  • while
  • do-while
Lantas apa perbedaan dari perulangan diatas?. Kita akan coba pahami perbedaan kinerjanya dan struktur perulangannya.
  • FOR
Stuktur perulangan for sebagai berikut :

  • WHILE
Struktur perulangan while sebagai berikut :


  • DO-WHILE
Stuktur perulangan do-while ini akan dijalankan setidaknya 1 kali walaupun kondisi tidak terpenuhi :

Kesimpulanya:
  • Dari ketiga bentuk perulangan diatas hany for yang memerlukan pernyataan inisialisasi dan peubah. Inisialisasi disini digunakan sebagai penentuan variabel yang akan digunakan untuk mengendalikan jumlah perulangan yang akan dilakukan
  • Peubah adalah operasi aritmatika yang dapat dilakukan untuk mengubah nilai variabel penentu tersebut. Sedangkan kondisi disini digunakan untuk menentukan kapan suatu blok perulangan dijalankan berdasarkan nilai dari variabel penentu tersebut.
  • Cara kerja dari perulangan for tersebut dapat digambarkan dengan menggunakan diagram alur agar lebih mudah dipahami
Fungsi
  • Fungsi dalam pemrograman merupakan suatu mekanisme yang digunakan untuk mengelompokkan program dalam menyelsaikan suatu kasus, proses atau rumus aritmatika tertentu.
  • Fungsi dalam proses pemanggilannya (eksekusi) ada yang membutuhkan data tertentu agar dapat berjalan.
  • Data tertentu yang perlu diberikan saat pemanggilan fungsi ini dikenal dengan nama parameter. Setuap fungsi dapar tidak memiliki atau memiliki lebih dari satu parameter.
  • Aturan penamaan fungsi mengikuti aturan penamaan variabel. Bentuk dari blok fungsi adalah sebagai berikut.
Return ini berfungsi untuk mengembalikan nilai.

Pemanggilan fungsi : 


Kesimpulan : 
  • Silihat dari hasil akhirnya fungsi dalam javascript dibedakan jadi 2.
  • yaitu fungsi yang memiliki nilai balik dan fungsi yang tidak memiliki nilai balik
Apa itu nilai Balik?
  • Nilai balik adalah nilai operasi yang dijalankan didalam fungsi diberikan ke bagian program lainnya untuk diproses lebih lanjut.
  • Nilai balik dalam javascript dinyatakan dengan menggunakan kata kunci return.
  • Contoh kasusnya dalam program penghitung luas dan volume kubus. Dimana dalam perhitungan volume juga terdapat menyertakan perhitungan luas didalamnya.
  • Dengan kata lain untuk menghitung volume kubus kita harus mengkalikan sisi sisi kubus tersebut.
Ok kali ini kita akan coba perulangan dan function pada javascript.

For1.html
Kita akan coba mencetak isi array dengan perulangan for. Masih ingat array? kalo lupa cari saja di blog ini pembahasan tentang array. Tampilan dan codenya : 
Pada kondisi, kalian lihat text.length? .length ini berfungsi untuk menghitung menghitung jarak string dari variabel text. "Darren" ini memiliki hasil 6 maka perulangan tersebut diulang sebanyak 6 kali.

For2.html
Kita coba lagi perulangan for, ini dia code dan tampilanya :

While1.html
Mirip dengan for, perbedaanya hanya inisialisasi, kondisi dan peubah nya di pisahkan. Contoh code dan tampilannya :


DO-WHILE.html
Meskipun kodisinya bernilai false, perulangan ini tetap akan dijalankan maksimal 1 kali. Gak percaya? liat nih!. Code dan tampilanya :


BuatPerulangan.html
Kita coba masukkan semua jenis perulangan seperti for, while, do-while. Dan hasilnya kita akan mencetaknya ke layar/page html. Tampilan dan codenya :

Mudah bukan? daripada ribet-ribet nulis satu persatu mending suruh javascript aja yang nulisin hehe....

BuatFungsi.html
Kita akan coba buat fungsi/function yang menampilkan luas alas dan volume yang akan ditampilkan lewat alert. Karena kalo pake codepen alertnya bakal langsung muncul, maka saya coba dengan memasukkannya lewat button. Jadi teman-teman tinggal klik saja buttonnya maka akan tampil sebuah alert. Tampilan dan codenya :



BuatFungsi2TanptaReturn.html
Kita akan coba membuat 2 fungsi tanpa return. Tampilan dan codenya :
HTML dan Embedded Javascript:

CSS:

Jika code diatas dijalankan maka akan tampil seperti ini :



BuatFungsiCharAt.html
Kita coba buat fungsi yang akan menampilkan char ke berapa dalam suatu string. Ini dia tampilan dan juga source codenya : 


BuatFungsiIndexOf.html
Kita coba buat lagi fungsi yang terakhir. Ini dia tampilanya dan juga source codenya :



Sip, saya rasa cukup saja pada pertemuan kali ini. Oh iya , pertemuan kali ini gada quiz jadi santuy saja ya hehe......
Sekian, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Kita akan melanjutkan materi tentang web dinamis. Apa saja yang akan kita pelajari? Pengenalan PHP Aturan umum PHP Scripting Variable Tipe Data Komentar Operator Membuat Aplikasi Sederhana Variable Scope (Lingkup Variabel) Pengelompokkan Tipe Data Boolean String Studi Kasus Hal yang harus dipersiapkan: XAMPP yang sudah diinstal kita akan menggunakan web server apache yang telah di bundle dalam aplikasi XAMPP ini Notepad++, Vs Code, Sublime atau apapun text editor favorit kalian. Pengenalan PHP PHP   adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Awalya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertamkali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung himepage nya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net PHP adalah salah satu bahasa server-side yang pali

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 27

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Halo teman-teman gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya... . Pada sesi kali ini kita akan memasuki materi database . Kita akan menggunakan Mysql sebagai DBMS (Database Management System) yang singkatnya merupakan software yang digunakan untuk membuat basis data. Kenapa kita menggunakan Mysql ? padalah masih banyak DBMS yang lain?. Alasannya yaitu karena Mysql ini Open Source~~. Materi kali ini kita akan mencoba membuat database dan hal pertama yang harus dilakukan karena kita menggunakan Mysql adalah menginstall XAMPP, karena kita sudah menginstallnya dan bagi yang belum menginstallnya silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah terinstall kalian nyalakan XAMPP seperti berikut: Nyalakan Mysql dan Apache. Maka jika sudah maka teman-teman ketik di URL Web Browser masing-masing seperti ini : localhost/phpmyadmin . Maka akan tampil halaman seperti berikut: phpmyadmin. Phpmyadmin  merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan bahas

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Pada pertemuan kali ini kita akan masuk ke materi Javscript. Javasrcipt ini digunakan untuk pengeksekusian perintah di sisi user / client-side . Seperti memunculkan alert, membuat kalkulator dengan javascript. Sejarah Javasrcipt Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich bekerja di Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, penembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan tiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (Pengembang bahasa pemrograman "Java") pada masa itu, maka Netscape memberikan nama "Javascript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1955. versi terakhir dari bahasa ini adalah vesi