Langsung ke konten utama

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 42

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Kembali lagi dengan saya Haikal Putra di materi Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Kali ini kita akan memperdalam materi laravel kita. Jika teman-teman belum mengikuti series laravel sebelumnya, harap dibaca terlebih dahulu ya.
Jadi, pada sesi kali ini kita akan membahas tentang create data, message, validasi. Laravel telah mempunyai fitur itu semua jadi kita hanya akan menggunaakannya saja untuk mempermudah kita dalam membuat codenya.

Create Data
Seperti yang dijelaskan judul, kita akan membuat form pembuatan data. Data ini berisi data siswa yang nantinya akan dimasukkan ke database yang pernah kita buat sebelumnya.
Pertama buka folder viewsnya dan buka file belajar.blade.php dan tambahkan code berikut:


Code ini mengarahkan kita ke url siswa/create .
Selanjutnya buka file web.php yang berada di folder routes dan masukkan code berikut:

Code ini mengarahkan kita ke controller SiswaController dan mengakses method create.
Selanjutnya kita buka file SiswaController yang berada di app/http/controller dan masukkan code berikut:

Simpan method diatas untuk membuka file form.blade.php yang berada di folder siswa.

Nah, form.blade.php nya ternyata belum ada. Kita buat dahulu dan ini codenya:

Code diatas membuat form yang nantinya data dari form tersebut akan dikirmkan dan dimasukkan kedalam database. Oh ita, diatas terdapat @csrf. Nah, apa itu CSRF?CSRF (Cross-Site Request Forgery) merupakan bentuk eksploitasi website yang dieksekusi atas wewenang korban, tanpa dikehendakinya. CSRF menipu web site melalui request dari user yang dipercaya. Serangan bekerja melalui link atau script pada halaman site yangd iakses user. Yah intinya ini merupakan fitur laravel untuk mengamankan.

Sekarang buka web.php yang ada di folder routes dan masukkan code berikut.

Nah, diatas merupakan penangkapan data yang dikirimkan oleh form sebelumnya. Data tersebut dikimkan ke rute ini dan di proses di SiswaController di method store. Sekarang buat method store tersebut.

Kita menangkap data yang di inputkan sembari menghapus token csrf dan memasukkannya ke database. Lalu ada pengkondisian, jika berhasil arahkan ke route belajar dengan session success,data berhasil di tambahkan. Jika tidak maka arahkan kembali ke form tadi sembari mengirimkan pesan error.

Message
Sekarang kita akan menggunakan pesan tadi karena belum dipakai. Tapi, di code sebelumnya sudah terdapat code untuk messagenya. Untuk jelasnya saya kirimkan kembali:

Nah, itu dia.

Validation/Validasi
Merupakan process pengecekan form yang belum terisi dan tidak memperbolehkan dibiarkan kosong. Laravel sendiri sudah memiliki fitur validasi yang dimana kita hanya diperuntukkan untuk menggunakannya dengan sangat mudah. Bagaimana? Coba tambahkan code berikut di method store yang berada di SiswaController.

Kita hanya perlu memberi syarat-syarat yang diperlukan dan selesai. Tidak hanya itu, kita coba untuk mengirimkan pesan error jika form tidak di isi. Saya disini menggunakan framework bootstrap untuk frontendnya, teman-teman bisa menyesuaikan.
Untuk hasil keseluruhannya seperti ini:
Homepage

Form pengisian data

Validasi

Message
Mungkin segini saja materinya. Sekarang waktunya STUDY KASUS!!.

Study Kasus 1
1,Membuat form data untuk tabel kelas dan validasinya.
Ok langsung kita buat... ini dia codenya:

Lalu kita buka routesnya

Selanjutnya buat method create di KelasController:

Next, kita buat viewsnya dan buat folder kelasnya juga:

Code diatas terdapat form dan kita masukkan ke route untuk dikirimkan ke controller untuk dimasukkan datanya:

Method store:

dan kita coba jalankan!:
Homepage

Form

Validasi

Data dimasukkan

Study Kasus 2
Temukan bug pada code materi ini...:v
Ok, langsung saja bug nya ada di golongan darah... Saat kita memasukkan gologan darah tipe AB maka akan error seperti ini:
Kenapa? karena pada tutorial sebelumnya kita membuat gologan darah dengan kapasitas 1 saja, yang artinya 1 karakter saja sedangkan disini kita memasukkan 2 karakter. Cara mengatasinya yaitu masuk ke database migration lalu ubah value goldar menjadi 2.

Done

Study Kasus 3
Gunakan fungsi old pada radio button data combobox.
Ok, tinggal masukkan code seperti ini:
Radio button:

Combobox:


Untuk hasilnya seperti ini:


Meski inputan gagal tapi masih ada inputan yang disimpan agar tidak perlu mengetik ulang.


Mungkin sekian saja pada pertemuan kali ini, Maaf bila ada kesalahan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Kita akan melanjutkan materi tentang web dinamis. Apa saja yang akan kita pelajari? Pengenalan PHP Aturan umum PHP Scripting Variable Tipe Data Komentar Operator Membuat Aplikasi Sederhana Variable Scope (Lingkup Variabel) Pengelompokkan Tipe Data Boolean String Studi Kasus Hal yang harus dipersiapkan: XAMPP yang sudah diinstal kita akan menggunakan web server apache yang telah di bundle dalam aplikasi XAMPP ini Notepad++, Vs Code, Sublime atau apapun text editor favorit kalian. Pengenalan PHP PHP   adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Awalya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertamkali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung himepage nya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net PHP adalah salah satu bahasa server-side yang pali

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 27

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Halo teman-teman gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya... . Pada sesi kali ini kita akan memasuki materi database . Kita akan menggunakan Mysql sebagai DBMS (Database Management System) yang singkatnya merupakan software yang digunakan untuk membuat basis data. Kenapa kita menggunakan Mysql ? padalah masih banyak DBMS yang lain?. Alasannya yaitu karena Mysql ini Open Source~~. Materi kali ini kita akan mencoba membuat database dan hal pertama yang harus dilakukan karena kita menggunakan Mysql adalah menginstall XAMPP, karena kita sudah menginstallnya dan bagi yang belum menginstallnya silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah terinstall kalian nyalakan XAMPP seperti berikut: Nyalakan Mysql dan Apache. Maka jika sudah maka teman-teman ketik di URL Web Browser masing-masing seperti ini : localhost/phpmyadmin . Maka akan tampil halaman seperti berikut: phpmyadmin. Phpmyadmin  merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan bahas

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Pada pertemuan kali ini kita akan masuk ke materi Javscript. Javasrcipt ini digunakan untuk pengeksekusian perintah di sisi user / client-side . Seperti memunculkan alert, membuat kalkulator dengan javascript. Sejarah Javasrcipt Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich bekerja di Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, penembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan tiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (Pengembang bahasa pemrograman "Java") pada masa itu, maka Netscape memberikan nama "Javascript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1955. versi terakhir dari bahasa ini adalah vesi