Langsung ke konten utama

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 31


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Kembali lagi dengan saya, Haikal Putra Gustiansyah di Website Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak. Pada sesi kali ini kita masih membahas tentang database dan kali ini kita membuat sebuah fitur searching dan ordering. Jadi intinya kita akan membuat sebuah form search dan button untuk ordering. Oh iya, sebelumnya materi ini sejatinya masih melanjutkan materi ini yang kemarin, jadi bagi yang belum membaca artikel-artikel sebelumnya mengenai database, sebaiknya dibaca terlebih dahulu. Ya langsung saja kita mulai materi kali ini.

Searching
Inti dari search ini kita akan membuat sebuah form yang menginputkan data NIS atau nama yang dimana akan muncul sebuah hasil yang dicari. Langsung ke step.
Step 1
Pertama-tama silahkan teman-teman buka folder views dan buka file v_index.php. Jika sudah menemukan silahkan copy kan code berikut:


Simpan code diatas didalam v_index.php. Kegunaan form diatas adalah untuk membuat sebuah form search yang dimana dia akan mengirimkan value dari pencariannya itu melalui method get.

Step 2
Buka file index.php dan copykan code berikut:


query diatas digunakan untuk menangkap data yang dikirimkan lewat get tadi dan mencarinya dengan query 'SELECT*FROM siswa WHERE nis LIKE '%search% OR nama_lengkap LIKE '%search%' '. Dan kita coba hasilnya....

Hasil
Sebelum
Sesudah
Note:
Abaikan saja button search dan button ordernya karena nanti akan ada study kasus mengenai kedua tersebut.

Gimana? mudah bukan? oke dan kita lanjut ke materi ordering

Ordering
Ordering adalah mengurutkan dan mengurutkan dibagi menjadi dua yaitu mengurutkan dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas atau juga bisa dari kecil ke besar dan sebaliknya. Mudah saja kita hanya perlu menambah query ORDER BY. Langsung saja ke stepnya:
Step 1
Buka file v_index.php dan copykan code berikut:


Code diatas yang akan kita gunakan untuk mengurutkan. Berupa tag <a> yaitu untuk me-link kan atau mengarahkan ke suatu url tertentu yang didalamnya terdapat 'index.php?sort=alamat&order=asc'  dan  'index.php?sort=alamat&order=desc' value tersebut dikirmkan melalui link dan ditangkap oleh get.
Step 2
Buka file index.php dan copykan code berikut didalamnya:

GET diatas menangkap url yang dikirmkan tadi di step 1 dan terdapat selection yang artinya jika order_field tidak kosong dan order_mode tidak kosong maka jalankan query ORDER BY dan coba teman teman jalankan maka hasilnya akan jadi seperti berikut:
sebelum diurutkan menurut nis
sesudah diurutkan menurut nis
Magic... OK materi order by dan search sudah selesai dan kita lanjutkan ke study kasus.

Study Kasus
Study kasus kali ini sebagai berikut:

  • Buat searching dan ordering untuk kolom yang lainnya
  • Buat tombol untuk mereset seluruh sesarching dan ordering (mengembalikan ke kodisi semula)
Seperti yang kalian lihat di gambar diatas sudah terdapat sebuah button reset dan order by di setiap kolom dan juga kita buat setiap pencarian tidak hanya berdasarkan nama dan nis saja tapi semua data. Langsung saja:

Search setiap kolom
Pertama kita buka index.php dan masukkan code berikut:



 Dan hasilnya maka :
Berdasarkan Ibu Kandung
Sesudah Search
Kita lanjut ke order by setiap kolom untuk codenya seperti berikut:

Maka hasilnya akan seperti gambar diatas dan kita coba:
Sebelum
Ascending Golongan Darah
Descending Golongan Darah
Mudah bukan? ok yang terakhir yaitu reset. Mudah saja kita hanya perlu mengarahkan ke halaman itu sendiri. Bingung? coba copykan code berikut ke dapam v_index.php:

Maka hasilnya akan seperti berikut:
Sebelum Reset
Sesudah Reset
Selesaii.......

Mungkin sekian saja pada sesi kali ini, maaf jika ada salah-salah kata atau ada kata yang kurang berkenan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Kita akan melanjutkan materi tentang web dinamis. Apa saja yang akan kita pelajari? Pengenalan PHP Aturan umum PHP Scripting Variable Tipe Data Komentar Operator Membuat Aplikasi Sederhana Variable Scope (Lingkup Variabel) Pengelompokkan Tipe Data Boolean String Studi Kasus Hal yang harus dipersiapkan: XAMPP yang sudah diinstal kita akan menggunakan web server apache yang telah di bundle dalam aplikasi XAMPP ini Notepad++, Vs Code, Sublime atau apapun text editor favorit kalian. Pengenalan PHP PHP   adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Awalya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertamkali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung himepage nya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net PHP adalah salah satu bahasa server-side yang pali

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 27

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Halo teman-teman gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya... . Pada sesi kali ini kita akan memasuki materi database . Kita akan menggunakan Mysql sebagai DBMS (Database Management System) yang singkatnya merupakan software yang digunakan untuk membuat basis data. Kenapa kita menggunakan Mysql ? padalah masih banyak DBMS yang lain?. Alasannya yaitu karena Mysql ini Open Source~~. Materi kali ini kita akan mencoba membuat database dan hal pertama yang harus dilakukan karena kita menggunakan Mysql adalah menginstall XAMPP, karena kita sudah menginstallnya dan bagi yang belum menginstallnya silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah terinstall kalian nyalakan XAMPP seperti berikut: Nyalakan Mysql dan Apache. Maka jika sudah maka teman-teman ketik di URL Web Browser masing-masing seperti ini : localhost/phpmyadmin . Maka akan tampil halaman seperti berikut: phpmyadmin. Phpmyadmin  merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan bahas

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Pada pertemuan kali ini kita akan masuk ke materi Javscript. Javasrcipt ini digunakan untuk pengeksekusian perintah di sisi user / client-side . Seperti memunculkan alert, membuat kalkulator dengan javascript. Sejarah Javasrcipt Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich bekerja di Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, penembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan tiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (Pengembang bahasa pemrograman "Java") pada masa itu, maka Netscape memberikan nama "Javascript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1955. versi terakhir dari bahasa ini adalah vesi