Langsung ke konten utama

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 12

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Pada pertemuan kali ini kita akan masuk ke materi Javscript. Javasrcipt ini digunakan untuk pengeksekusian perintah di sisi user / client-side. Seperti memunculkan alert, membuat kalkulator dengan javascript.

Sejarah Javasrcipt

  • Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Brendan Eich bekerja di Netscape pada tahun 1995.
  • Pada awalnya bahasa ini dinamakan "LiveScript" yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2. Pada masa itu bahasa ini banyak di kritik karena kurang aman, penembangannya yang terkesan buru-buru dan tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan tiap kali kita membuat kesalahan pada saat menyusun suatu program. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (Pengembang bahasa pemrograman "Java") pada masa itu, maka Netscape memberikan nama "Javascript" kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1955.
  • versi terakhir dari bahasa ini adalah vesi 1.8.5 yang dirilis tanggal 22 Maret 2011
  • Javascript bergantung kepada browser (navigator) yang memanggil dan menampilkan halaman web yang tidak hanya berisi HTML tapi juga dapat berisi skrip-skrip Javascript. Javascrip juga tidak memerlukan penerjemah khusus untuk menjalankannya, karena sudag disediakan sendiri oleh browser yang digunakan, Lain halnya dengan bahasa "Java" yang memerlukan penerjemah khusus untuk menjalankannya di sisi user/klien. Berikut ini satu tabel yang berisi beberapa perbandigan mendasar antara Java dan Javascript, :
Perbedaan Javascript dengan Java
Penulisan Code Javascript

  • Menggunakan file external : Menuliskan kode program Javascript dalam suatu file dan kemudian file teks yang berisi code Javascript di panggil dari dalam dokumen HTML. Kode yang kita sisipkan kedalam dokumen HTML adalah berikut : <script language="javascript" src="lokasi/file,js"></script>
  • Dimana lokasi/file.js adalah lokasi dan nama file yang berisi kode Javascript, jika perintah tambahan SRC tidak disertakan maka tag Script akan mencari kode yang terletak di dalam tag Script.
  • Melalui event tertentu : Event adalah sebutan dari satu aksi yang dilakukan oleh user, contohnya seperti klik tombol mouse, pembahsan lebih lanjut ada di materi lainnya.
  • Kodenya dapat ditulis sebagai berikut : <tag eventHandler="Kode JS yang akan dimasukkan"> dimana eventHandler  adalah nama dari event tersebut.

Browser yang bisa digunakan seperti : google, safari, mozzila firefox, microsoft edge dll yang bisa kompatible dengan JS.

Variable

  • Variable adalah suatu obyek yang berisi data-data, yang mana dapat dimodifikasi selama eksekusi program. Di Javascript terdapat beberapa kriteria untuk penamaan variable, seperti ditunjukkan berikut ini :
  1. Nama variable harus dimulai oleh satu huruf (huruf besar maupun huruf kecil) atau satu karakter_(garis bawah)
  2. Nama variable bisa terdiri dari kombinasi huruf, angka atau karakter _ dan $ (spasi kosong tidak diperbolehkan).
  3. Nama variable tidak boleh memakai nama-nama yang termasuk ke dalam kata kunci bahasa Javascript.
  4. Berikut ini merupakan daftar katakunci/keywords di javascript :




Contoh pemberian nama variable
Nama variable yang benar :

  • umur
  • namaLengkap
  • luas_lingkaran
  • jari2
  • _7an
  • $biaya
Nama variable yang tidak benar : 
  • 7an
  • nama Lengkap
  • luas lingkaran
  • function (karena termasuk keywords Javascript)
Format deklarasi (pembuatan) variable di Javascript
var nama_variable_nya;
atau bisa juga dengan tambahan inisialisasi : 
var nama_variable = nilai;

var umur;
umur = 15;

Tipe Data

  • Di Javascript data yang disimpan dalam suatu variable dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu :
  1. Bilangan/numerik, bulat atau desimal, yang kita sebut sebagai integer juga float
  2. Kata/kalimat (kumpulan huruf/karakter) : kita sebut string
  3. Boolean : suatu variabel yang mempunyai dua nilai dan berfungsi untuk memeriksa suatu kondisi : 
  • true : benar
  • false : salah

halo.html
Tampilannya jika kita isikan alert pada javascript. Metode yang digunakan yaitu embedded / didalam 1 file dengan html yang dimana didalamnya ada tag <script> </script>. Tampilan alert jika dijalankan :



Jika mengklik ok pada alert : 

Kita bisa mengubah pesan pada alert tersebut seperti pada saat masuk website kita akan menyambutnya dengan alert ini. Contoh penulisan alert:  <script language="javascript"> alert("Selamat datang di website kami");</script>. Bingung? tenang saya kasih source codenya : 




halo_alternative.js
kita akan menggunakan js secara eksternal dengan cara memanggilnya di file html dengan tag <script language="javascript" src="ini.js"></script>. Simpan tag ini dibagian head seperti CSS. Sama seperti diatas kita akan membuat alert namun ini menggunakan metode pengkodingan eksternal. Tampilan alert :

Tampilan jika mengklik ok :

Codenya :
HTML:

Javascript:



UbahStyle.html
Selain bisa menampilkan alert, Javascript juga dapat mengubah style color pada font, misa kita memilih tag p dengan selector id didalamnya. Lalu kita juga buat tag button dan attribut onclick nah attribut inilah yang mengubah style fontnya. Contoh tampilan :
Sebelum di klik :

Sesudah di klik :
Gimana? menarik bukan?, atau masih bingung? tenang saya kasih source codenya!



VariableOnJavascript.html
Kita akan membuat sebuah variable dan menampilkannya ke page html. misal kita punya angka 1 dan akan di tambah 2, nah maka hasil ini akan ditampilkan di html dengan hasil 3. Contoh :

Image diatas merupakan hasil penjumlahan 5 + 6 dengan var x = 5, var y = 6 dan z = x + y
Ini dia source codenya :

Setelah di jumlahkan pada 'document.getElementById('demo').innerHTML = z;' ini digunakan untuk menampilkan hasilnya ke page/halaman html kita.

VariableOnJS2.html
Sama sepeti diatas kita akan menampilkan hasil nya ke page html kita :

Ini dia codenya :




VariableWithTypeData.html
Disini kita akan menggunakan tipe data dan bagaimana cara penggunaan comment. comment/komentar ini adalah program yang tidak ada di eksekusi, bisa digunakan untuk penjelasan. Contoh comment pada Javascipt : //Ini adalah single line comment
/* Ini adalah multiline comment */
Disini kita akan membuat 3 variable dengan tipe data yang berbeda lalu menampilkannya satu persatu ke page html.
Tampilan :











Disini kita menampilkan sebuah string yang berisikan nama 'John Doe' dan ditampilkannya ke page HTML. Codenya :


Kita lihat diatas terdapat '//document.getElementById("demo").innerHTML = pi;' , ''//document.getElementById("demo").innerHTML = answer;" padahal variable ini sudah di inisialisasi namun tidak tampil? ya karena itu kode program yang tidak akan di eksekusi yang menggunakan comment. Jika kita menghapus comment nya. Code :



Maka tampilanya:













Lah? Kok? Kenapa yang tampil masih juga 1? gk semuanya?. Karena 'tempat' nya itu hanya 1 yaitu di tag <p> dimana kode JS itu di eksekusi dari atas ke bawah maka yang terakhir di eksekusi akan di tampilkan page. Jika kita menyediakan tempat seperti tag <p> dengan selector id yang berbeda value nya maka semuanya akan bisa ditampilkan.

QUIZZ 12

  • Buatlah 1 page yang isinya aritmatika.
  • Jelaskan menggnakan komentar
Disini saya membuat sebuah kalkulator menggunakan Javascript. Berikut tampilanya : 
Selain menggunakan Javascript, saya juga menggunakan CSS agar tampilannya lebih menarik. Ini dia source codenya : 
HTML:
 
CSS:
 
Javascript:
 

Sekian yang bisa saya sampaikan pada sesi kali ini, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 19

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh Kita akan melanjutkan materi tentang web dinamis. Apa saja yang akan kita pelajari? Pengenalan PHP Aturan umum PHP Scripting Variable Tipe Data Komentar Operator Membuat Aplikasi Sederhana Variable Scope (Lingkup Variabel) Pengelompokkan Tipe Data Boolean String Studi Kasus Hal yang harus dipersiapkan: XAMPP yang sudah diinstal kita akan menggunakan web server apache yang telah di bundle dalam aplikasi XAMPP ini Notepad++, Vs Code, Sublime atau apapun text editor favorit kalian. Pengenalan PHP PHP   adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat halaman web. PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprocessor. Awalya, PHP adalah singkatan dari Personal Home Page yang pertamkali diciptakan oleh Rasmus Lerdorf PHP diciptakan pertama kali untuk keperluan mencatat jumlah pengunjung himepage nya. Perkembangan php saat ini dapat dilihat pada www.php.net PHP adalah salah satu bahasa server-side yang pali

Haikal PG - XI RPL 1 - PWPB Sesi 27

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Halo teman-teman gimana kabarnya? semoga sehat selalu ya... . Pada sesi kali ini kita akan memasuki materi database . Kita akan menggunakan Mysql sebagai DBMS (Database Management System) yang singkatnya merupakan software yang digunakan untuk membuat basis data. Kenapa kita menggunakan Mysql ? padalah masih banyak DBMS yang lain?. Alasannya yaitu karena Mysql ini Open Source~~. Materi kali ini kita akan mencoba membuat database dan hal pertama yang harus dilakukan karena kita menggunakan Mysql adalah menginstall XAMPP, karena kita sudah menginstallnya dan bagi yang belum menginstallnya silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah terinstall kalian nyalakan XAMPP seperti berikut: Nyalakan Mysql dan Apache. Maka jika sudah maka teman-teman ketik di URL Web Browser masing-masing seperti ini : localhost/phpmyadmin . Maka akan tampil halaman seperti berikut: phpmyadmin. Phpmyadmin  merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan bahas